Powered By Blogger

Kamis, 05 Januari 2012

PSIKOLOGI ABNORMAL


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..............................................................................................       i
PSIKOLOGI ABNORMAL.....................................................................................       2
A.    PENGERTIAN PSIKOLOGI ABNORMAL.....................................................       2
B.     MANFAAT MEMPELAJARI PSIKOLOGI ABNORMAL..............................       3
C.     ILMU-ILMU YANG BERHUBUNGAN DENGAN
PSIKOLOGI ABNORMAL................................................................................       3
1.      Psikiatri............................................................................................................       3
2.      Neurologi.........................................................................................................       4
3.      Psikoanalisis....................................................................................................       4

KONSEPSI-KONSEPSI TENTANG ABNORMALITAS...................................       5
A.    TINJAUAN BERDASARKAN SUDUT PANDANG TERTENTU.................       5
1.      AbnormalitasmenurutKonsepsiStatistik..........................................................       5
2.      Abnormal menurutKonsepsiPatologis.............................................................       5
3.      Abnormal menurutKonsepsiPenyesuaianPribadi............................................       6
4.      AbnormalitasmenurutKonsepiSosio-kultural..................................................       6
5.      AbnormalitasmenurutKonsepsiKematanaganPribadi......................................       6
B.     TINJAUAN SECARA ELEKTIS........................................................................       6
1.      Menurut Maslow danMittelmann....................................................................       7
2.      KriteriaPribadi yang normal menurut W.F. Maramis......................................       5

KLASIFIKASI DAN GEJALA-GEJALA KELAINAN JIWA...........................       8
A.    KLASIFIKASI KELAINAN JIWA....................................................................       8
B.     GEJALA-GEJALA KELAINAN JIWA.............................................................       10

NEUROSIS................................................................................................................       12
A.    PENGERTIAN NEUROSIS................................................................................       12
B.     JENIS-JENIS NEUROSIS...................................................................................       13
1.      Neurosis Cemas...............................................................................................       13
2.      Histeria............................................................................................................       14
3.      Neurosis Fobik................................................................................................       16
4.      Neurosis Obsesif-kompulsif............................................................................       17
5.      Neurosis Depresif............................................................................................       18
C.     TERAPI UNTUK PENDERITA NEUROSIS DEPRESIF................................       19

PSIKOSIS..................................................................................................................       21
A.    PENGERTIAN PSIKOSI....................................................................................       21
B.     PERBEDAAN PSIKOSIS DENGAN NEUROSIS...........................................       22
C.     JENIS-JENIS PSIKOSIS.....................................................................................       23

PSIKOPAT................................................................................................................       27
A.    PENGERTIAN PSIKOPAT................................................................................       27
B.     FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PSIKOPAT.........................................       27

RETALDASI MENTAL..........................................................................................       29
A.    PENGERTIAN RETALDASI MENTAL...........................................................       29
B.     FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA RETALDASI MENTAL..       29
C.     TINGKATAN RETALDAASI MENTAL..........................................................       32
D.    PENCEGAHAN RETALDASI MENTAL.........................................................       34
E.     PENANGANAN RETALDASI MENTAL........................................................       35
STRES........................................................................................................................       36
A.    KONSEPSI-KONSEPSI MENGENAI STRES..................................................       36


KATA PENGANTAR
Alhamdulillah dengan rasa syukur kehadirat Allah SWT, yang dengan rahmat dan inayah – Nya.Makalah Psikologi Abnormal ini telah selesai kami susun untuk membantu proses pembelajaran kami di Prodi PSIK CND Langsa.
Dengan selesainya makalah ini semoga dapat mempermudah klompok kami maupun pembaca lainnya untuk dapat memahami dan mempelajari isi makalah ini.
Kepada Allah SWT. Kami memohon taufik dan hidayah –Nya semoga usaha kami ini senantiasa dalam keridhaan –Nya. Amin.
Langsa , 31 Desember  2011


Penyusun

( surya )



PSIKOLOGI ABNORMAL
A.  PENGERTIAN PSIKOLOGI ABNORMAL
Psikologi  abnormal  kadang-kadang  disebut  juga  psikopatologi.  Dalam
bahasa  Inggris  dinyatakan  dengan  istilah  Abnormal  Psychology.Apa  yang- dimaksud dengan psikologi abnormal? Berikut dikemukakan beberapa definisi. Menurut Kartini Kartono (2000: 25), psikologi abnormal adalah salah satu cabang  psikologi  yang  menyelidiki  segala  bentuk  gangguan  mental  dan abnormalitas jiwa.
Singgih  Dirgagunarsa  (1999:  140)  mendefinisikan  psikologi  abnormal atau  psikopatologi  sebagai  lapangan  psikologi  yang  berhubungan  dengan kelainan  atau  hambatan  kepribadian,  yang  menyangkut  proses  dan  isi kejiwaan.                                                                                                                             
Berkenaan dengan definisi psikologi abnormal, pada Ensiklopedia Bebas Wikipedia  (2009),  dinyatakan  “Abnormal  psychology  is  an  academic  and applied  subfield  of  psychology  involving  the  scientific  study  of  abnormal experience and behavior  (as  in neuroses, psychoses and mental  retardation) or with  certain  incompletely  understood  states  (as  dreams  and  hypnosis)  in order to understand and change abnormal patterns of functioning”.
Definisi  psikologi  abnormal  juga  dapat  dijumpai  di  Merriem-Webster
OnLine  (2009).  Pada  kamus  online  tersebut  dinyatakan  :  “Abnornal psychology  :  : a branch of psychology concerned with mental and emotional disorders  (as neuroses, psychoses, and mental  retardation) and with  certain incompletely understood normal phenomena (as dreams and hypnosis)”
Dari  empat  definisi  yang  dinyatakan  dengan  kalimat  yang  berbeda tersebut  dapat  diidentifikasi  pokok-pokok  pengertian  psikologi  abnormal sebagai berikut :
1.      Psikologi abnormal merupakan salah satu cabang dari psikologi atau psikologi      khusus.
2.      Yang  dibahas  dalam  psikologi  abnormal  adalah  segala  bentuk gangguan  atau  kelainan  jiwa  baik  yang  menyangkut  isi  (mengenai apa saja yang mengalami kelainan) maupun proses (mengenai faktor penyebab, manifestasi, dan akibat dari gangguan tersebut).

B.  MANFAAT MEMPELAJARI PSIKOLOGI ABNORMAL
Psikologi  abnormal  dipelajari  dengan  harapan  dapat  diperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang seluk beluk kelainan jiwa (jenis, gejala, penyebab,  cara  mencegah  dan  menanganinya,  dst.).  Pengetahuan  dan pemahaman  mengenai  hal  tersebut  diperlukan    dalam  bidang  psikiatri  dan bimbingan dan konseling. Khusus untuk konselor, dengan memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai seluk beluk kelainan  jiwa diharapkan dapat bermanfaat bagi upaya pencegahan  dan  penanganan  gangguan  jiwa  yang mungkin  terjadi  pada peserta didik.

C. ILMU-ILMU YANG BERHUBUNGAN DENGAN PSIKOLOGI ABNORMAL
Usaha untuk mendapatkan pengertian yang luas dan mendalam tentang kelainan  jiwa  antara  lain  dilakukan  dengan mengkaitkan  psikologi  abnormal dengan  ilmu-ilmu  lainnya.   Keterkaitan  tersebut menyangkut bidang keilmuan dan  juga bidang profesi. Beberapa  ilmu yang berhubungan dengan psikologi abnormal adalah antara lain sebagai berikut :
1. Psikiatri
Psikiatri  atau  ilmu  kedokteran  jiwa  adalah  cabang  dari  ilmu kedokteran, yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan gangguan  jiwa, yaitu dalam hal pengenalan, pengobatan,  rehabilitasi, dan  pencegahan  serta  juga  dalam  hal  pembinaan  dan  peningkatan kesehatan jiwa (Maramis, 2005:  22). 8 Psikologi Abnormal/Drs. Kuntjojo, M.Pd. Psikologi  abnormal  berhubungan  dengan  psikiatri  karena keduanya mempelajari  hal-hal  yang  berhubungan  dengan  gangguan dan  juga  penyakit  jiwa.  Namun  pada  psikologi  abnormal  usaha tersebut tidak sampai pada penyembuhan dan rehabilitasi, terlebih lagi bagi penderita psikosis.

2. Neurologi
Neurologi  adalah  cabang  dari  ilmu  kedokteran  yang  khusus mempelajari  struktur  dan  fungsi  syaraf,  serta  diagnosis  dan penyembuhan  gangguan  system  syaraf.  Neurologi  diperlukan psikologi abnormal karena  terjadinya kelainan  jiwa dapat disebabkan oleh kelainan pada system syaraf.

3. Psikoanalisis
Psikoanalisis memiliki dua dimensi, yaitu sebagai aliran psikologi dan  teknik  terapi.  Sebagai  aliran  psikologi,  psikoanalisis  banyak membahas  kepribadian manusia  beserta  dinamikanya.  Dan  sebagai teknik  terapi,  psikoanalisis  bertolak  dari  anggapan  bahwa  gangguan jiwa dapat terjadi karena faktor organis dan terutama faktor psikologis oleh  karena  itu  untuk  menyembuhkan  gangguan  jiwa  maka  harus diawali  dengan  mengungkap  akar  permasalahannya,  yaitu  yang bersumber dari faktor-faktor psikologis penderita.





KONSEPSI - KONSEPSI
TENTANG ABNORMALITAS
A.  TINJAUAN BERDASARKAN SUDUT PANDANG TERTENTU
Abnormal artinya menyimpang dari  yang normal. Yang normal  itu  yang bagaimana?      Bilamana  gejala  jiwa  atau  perilaku  dinyatakan  normal  ? Pertanyaan  tersebut  tidak mudah  untuk  dijawab  sebab manusia merupakan makhluk  multi  dimensional.  Manusia  merupakan  makhluk  biologis,  makhluk individu, makhluk sosial, makhluk etis, dst., sehingga perilaku manusia dapat dijelaskan dari dimensi-dimensi  tersebut. begitu  juga bila berbicara mengenai abnormalitas  jiwa.  Berikut  ini  dikemukakan  beberapa  konsepsi  mengenai abnormalitas  menurut  tinjauan  tertentu  (Maramis,  2005  :  94-100;  Kartini Kartono, 1999 : 1-10).

1. Abnormalitas menurut Konsepsi Statistik
Secara  statistik  suatu  gejala  dinyatakan  sebagai  abnormal  bila menyimpang dari mayoritas. Dengan demikian seorang yang  jenius sama- sama  abnormalnya  dengan  seorang  idiot,  seorang  yang  jujur  menjadi abnormal diantara komunitas orang yang tidak jujur.

2. Abnormal menurut Konsepsi Patologis
Berdasarkan  konsepsi  ini  tingkah  laku  individu  dinyatakan  tidak normal  bila  terdapat  simptom-simptom  klinis  tertentu,  misalnya  ilusi, halusinasi,  obsesi,  fobia,dst.  Sebaliknya  individu  yang  tingkah  lakunya tidak  menunjukkan  adanya  simptom-simptom  tersebut  adalah  individu yang normal.


3. Abnormal menurut Konsepsi Penyesuaian Pribadi
Menurut  konsepsi  ini  seseorang  dinyatakan  penyesuaiannya  baik bila  yang  bersangkutan  mampu  menangani  setiap  masalah  yang dihadapinya  dengan  berhasil.  Dan  hal  itu menunjukkan  bahwa  dirinya memiliki jiwa yang normal. Tetapi bila dalam menghadapi maslah dirinya menunjukkan  kecemasan,  kesedihan,  ketakutan,  dst.  yang  pada akhirnya  masalah  tidak  terpecahkan,  maka  dikatakan  bahwa penyesuaian  pribadinya  tidak  baik,  sehingga  dinyatakan  jiwanya  tidak normal.

4. Abnormalitas menurut Konsepsi Sosio-kultural
Setiap  masyarakat  pasti  memiliki  seperangkat  norma  yang berfungsi  sebagai  pengatur  tingkah  laku  para  anggotanya.  Individu sebagai  anggota masyarakat  dituntut  untuk menyesuaikan  diri  dengan norma-norma sosial dan susila di mana dia berada. Bila individu tingkah lakunya  menyimpang  dari  norma-norma  tersebut,  maka  dirinya dinyatakan sebagai individu yang tidak normal.

5. Abnormalitas menurut Konsepsi Kematangan Pribadi
Menurut konsepsi kematangan pribadi, seseorang dinyatakan normal jiwanya bila dirinya telah menunjukkan kematangan pribadinya, yaitu bila dirinya mampu berperilaku sesuai dengan tingkat perkembangannya.

B.  TINJAUAN SECARA EKLEKTIS
Tinjauan eklektis adalah  tinjauan yang  tidak hanya berpegang pada satu sudut  pandang  saja.  Pembahasan  mengenai  abnormalitas  dari  satu  sudut pandang atau konsepsi tertentu ternyata memiliki kelemahan. Oleh karena itu dengan menggunakan berbagai sudut pandang diharapkan dapat diidentifikasi dengan  tepat  apakah  perilaku  itu  normal  atau  tidak.  Dan  berikut  ini dikemukakan dua pandangan mengenai abnormalitas secara eklektis.
1. Menurut Maslow dan Mittelmann
Maslow  dan Mittelmann  (kartini Kartono,  1989  :  6-9), menyatakan bahwa  pribadi  yang  normal  dengan  jiwa  yang  sehat  ditandai  dengan ciri-ciri sebagai berikut.
a.  Memiliki rasa aman yang tepat (sense of security)
b.  Memiliki  penilaian  diri  (self  evaluation)  dan  wawasan (insight) yang  rasional.
c.  Memiliki spontanitas dan emosional yang tepat.
d.  Memiliki kontak dengan realitas secara efisien.
e.  Memiliki dorongan-dorongan dan nafsu-nafsu yang sehat.
f.  Memiliki pengetahuan mengenai dirinya secara objektif.
g.  Memiliki tujuan hidup yang adekuat, tujuan hidup yang realistis,
yang didukung oleh potensi.
h.  Mampu belajar dari pengalaman hidupnya.
i.  Sanggup untuk memenuhi tuntutan-tuntutan kelompoknya.
j.  Ada sikap emansipasi yang sehat pada kelompoknya.
k.  Kepribadiannya terintegrasi.



2. Kriteria Pribadi yang normal menurut W.F. Maramis.
Menurut Maramis  (1980  : 97),  terdapat enam kelompok sifat yang dapat dipakai untuk menentukan abnormalitas. Keenam sifat dimaksud adalah sebagai berikut.
a. Sikap terhadap diri sendiri : menerima dirinya sendiri, identitas diri  yang  memadai,  serta  penilaian  yang  realistis  terhadap kemampuannya.
b. Cerapan  (persepsi)  terhadap  kenyataan  :  mempunyai pandangan yang  realistis tentang diri sendiri dan lingkungannya.
c.  Integrasi:  kesatuan kepribadian, bebas dari konflik pribadi yang melumpuhkan dan memiliki daya tahan yang baik terhadap stres.
d. Kemampuan  :  memiliki  kemampuan  dasar  secara  fisik, intelektual, emosional,  dan  sosial  sehingga  mampu  mengatasi berbagai masalah.
e. Otonomi  :  memiliki  kepercayaan  pada  diri  sendiri  yang memadai,  bertanggung  jawab,  mampu  mengarahkan  dirinya pada tujuan hidup.
f.  Perkembangan  dan  perwujudan  dirinya  :  kecenderungan pada kematangan yang makin tinggi.

KLASIFIKASI DAN GEJALA-GEJALA
KELAINAN JIWA
A.  KLASIFIKASI KELAINAN JIWA
Kelainan  atau  gangguan  jiwa  beraneka  ragam,  baik  itu menyangkut  faktor penyebab,  gejala-gejala  yang  paling menonjol,  dan  berat-ringannya  gangguan tersebut.  Untuk  keperluan  kemudahan  dalam  komunikasi,  kemudahan pendidikan,  dan  membuka  jalan  untuk  penelitian  lebih  lanjut  maka  para  ahli kemudian membuat klasifikasi gangguan jiwa.
Secara  garis  besar  gangguan  jiwa  menurut  Pedoman  Penggolongan Diagnosis Gangguan  Jiwa  (PPDGJ)  (Maramis,  2005:  150-155)  adalah  sebagai berikut :
I.  Psikosis
A. Psikosis Berhubungan denan Sindroma Otak Organik
1.  Dementia senilis dan presenilis
2.  Psikosis alkoholik
3.  Psikosis berhubungan dengan infeksi intracranial
4.  Psikosis berhubungan dengan kondisi serebral lain
5.  Psikosis berhubungan dengan kondisi fisik lain
B. Psikosis Fungsional
1.  Skizofrenia
2.  Psikosis afektif
3.  Psikosis paranoid
4.  Psikosis lain
5.  Psikosis tak tergolongkan

II.  Neurosis, Gangguan Kepribadian dan Gangguan Non Psikosis Lainnya.
A.  Neurosis Cemas
B.  Neurosis Histerik
C.  Neurosis Fobik
D.  Neurosis Obsesif-kompulsif
E.  Neurosis Depresif
F.  Neurasthenia
G.  Sindroma Depersonalisasi
H.  Neurosis Hipokondrik
I.  Neurosis Lain
J.  Neurosis Tak Tergolongkan
III.  Retardasi Mental
IV.  Keadaan Tanpa Gangguan Psikiatrik yang Nyata dan Kondisi (Keadaan) Non-spesifik.
V.  Istilah Bukan-diagnosis untuk Penggunaan Administrasi.

B.  GEJALA-GEJALA KELAINAN JIWA
Gejala kelainan jiwa pada umumnya bersifat kompleks dan merupakan hasil interkasi antara    faktor somatik  (jasmani), psikologis, dan social-budaya. Gejala gangguan  atau  kelainan  jiwa  pada  umumnya  dapat  dipahami  dari  dua dimensi (Baihaqi dkk., 2005: 57), yaitu:
1. Dimensi deskripstif, hanya melukiskan bagaimana gejala itu terjadi tanpa menerangkan makna dan dinamikanya. Misal: terjadi halusinasi pada pagi hari  tanpa  dijelaskan  halusinasi  tentang  apa,  bagaimana  hal  itu  terjadi, reaksi yang timbul kemudian apa, dst.
2. Dimensi  psikodinamik,  tidak  hanya  menerangkan  tentang  bagaimana gejala  itu  terjadi  tetapi  juga dinamikanya, missal: gejala apa yang muncul kapan  terjadinya,  bagaimana  prosesnya,  reaksi  yang  terjadi  kemudian, dst.
Adapun  jenis-jenis  gejala  kelainan  jiwa  menurut  Maramis  (2005:  122-128) adalah sebagai berikut.
1.         Gangguan Kesadaran
a.         Penurunan kesadaran
b.         Kesadaran yang meninggi
c.         Gangguan tidur
d.         Hipnosis
e.         Disasosiasi
f.          Kesadaran yang berubah
g.         Gangguan perhatian
2.         Gangguan Ingatan
3.         Gangguan Orientasi
4.         Gangguan Afek dan Emosi
5.         Gangguan Psikomotor
6.         Gangguan Pikiran
a.         Gangguan bentuk pikiran
b.         Gangguan arus pikiran
c.         Gangguan isi pikiran
7.         Gangguan Persepsi
8.         Gangguan Inteligensi
9.         Gangguan Kepribadian
10.       Gangguan Kepribadian
11.       Gangguan Pola Hidup


NEUROSIS
A.  PENGERTIAN NEUROSIS
Neurosis  kadang-kadang  disebut  psikoneurosis  dan  gangguan  jiwa (untuk  membedakannya  dengan  psikosis  atau  penyakit  jiwa.    Menurut Singgih Dirgagunarsa  (1978  :  143),  neurosis  adalah  gangguan  yang  terjadi hanya pada sebagian dari kepribadian, sehingga orang yang mengalaminya masih bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan biasa sehari-hari atau masih bisa belajar, dan jarang memerlukan perawatan khusus di rumah sakit. Dali  Gulo  (1982  :  179),  berpendapat  bahwa  neurosis  adalah  suatu kelainan  mental,  hanya  memberi  pengaruh  pada  sebagaian  kepribadian, lebih  ringan  dari  psikosis,  dan  seringkali  ditandai  dengan  :  keadaan  cemas yang kronis, gangguan-gangguan pada indera dan motorik, hambatan emosi, kurang perhatian terhadap lingkungan, dan kurang memiliki energi fisik, dst.
Nurosis,  menurut W.F.  Maramis  (1980  :  97),  adalah  suatu  kesalahan penyesuaian  diri  secara  emosional  karena  tidak  diselesaikan  suatu  konflik tidak sadar. Berdasarkan pendapat mengenai neurosis dari para ahli  tersebut dapat diidentifikasi pokok-pokok pengertian mengenai neurosis sebagai berikut.
1.         Neurosis merupakan gangguan jiwa pada taraf ringan.
2.         Neurosis terjadi pada sebagian aspek  kepribadian.
3.         Neurosis dapat dikenali gejala-gejala yang menyertainya dengan  ciri khas kecemasan.
4. Penderita neurosis masih mampu menyesuaikan diri dan melaku - kan aktivitas sehari-hari.
B.  JENIS-JENIS NEUROSIS
Kelainan jiwa yang disebut neurosis ditandai dengan bermacam-macam gejala.  Dan  berdasarkan  gejala  yang  paling menonjol,  sebutan  atau  nama untuk  jenis neurosis diberikan. Dengan demikian pada setiap  jenis neurosis terdapat  ciri-ciri  dari  jenis  neurosis  yang  lain,  bahkan  kadang-kadang  ada pasien  yang  menunjukkan  begitu  banyak  gejala  sehingga  gangguan  jiwa yang dideritanya sukar untuk dimasukkan pada  jenis neurosis  tertentu  (W.F. Maramis, 1980 : 258).
Bahwa nama atau sebutan untuk neurosis diberikan berdasarkan gejala yang  paling  menjonjol  atau  paling  kuat.  Atas  dasar  kriteria  ini  para  ahli mengemukakan  jenis-jenis  neurosis  sebagai  berikut  (W.F. Maramis,  1980  : 257-258).
1. Neurosis cemas (anxiety neurosis atau anxiety state)
a. Gejala-gejala neurosis cemas
Tidak ada rangsang yang spesifik yang menyebabkan kecemasan, tetapi bersifat mengambang bebas,   apa saja dapat menyebabkan gejala  tersebut. Bila  kecamasan  yang  dialami  sangat  hebat maka terjadi  kepanikan.  Adapun  gejala-gejala  neurosis  cemas  adalah Gejala-gejala  neurosis  cemas  :  1)  Gejala  somatis  dapat  berupa sesak nafas, dada tertekan, kepala ringan   seperti mengambang, lekas  lelah,  keringat  dingan,  dst.  2)  Gejala  psikologis  berupa
kecemasan,  ketegangan,  panik,  depresi,  perasaan  tidak  mampu, dst.
b. Faktor penyeban neurosis cemas
Menurut  Maramis  (1980  :  261),  faktor  pencetus  neurosis  cemas sering  jelas dan secara psikodinamik berhubungan dengan  faktor- faktor yang menahun seperti kemarahan yang dipendam.
c. Terapi untuk penderita neurosis cemas
Terapi  untuk  penederita  neurosis  cemas  dilakukan  dengan menemukan  sumber  ketakutan  atau  kekuatiran  dan  mencari penyesuaian  yang  lebih  baik  terhadap  permasalahan.  Mudah tidaknya  upaya  ini  pada  umumnya dipengaruhi  oleh  kepribadian penderita.  Ada  beberapa  jenis  terapi  yang  dapat  dipilih  untuk menyembuhkan neurosis cemas, yaitu :
  • psikoterapi individual
  • psikoterapi kelompok
  • psikoterapi analitik
  • sosioterapi
  • terapi seni kreatif
  • terapi kerja
  • terapi perilaku
  • farmakoterapi

2. Histeria
a.  Gejala-gejala histeria
Histeria  merupakan  neurosis  yang  ditandai  dengan  reaksi-reaksi emosional  yang  tidak  terkendali  sebagai  cara  untuk mempertahankan  diri  dari  kepekaannya  terhadap  rangsang - rangsang  emosional.  Pada  neurosis  jenis  ini  fungsi  mental  dan jasmaniah  dapat  hilang  tanpa  dikehendaki  oleh  penderita. Gejala - gejala  sering  timbul  dan  hilang  secara  tiba-tiba,  teruma  bila penderita menghadapi situasi yang menimbulkan  reaksi emosional yang hebat.
b. Jenis-jenis histeria
Histeria  digolongkan menjadi 2,  yaitu  reaksi  konversi  atau  histeria minor dan reaksi disosiasi atau histeria mayor.
1)         Histeria minor atau reaksi konversi
Pada  histeria  minor  kecemasan  diubah  atau  dikonversikan (sehingga  disebut  reaksi  konversi)  menjadi  gangguan fungsional susunan saraf somatomotorik atau somatosensorik, dengan  gejala  :  lumpuh,  kejang-kejang, mati  raba,  buta,  tuli, dst.
2)         Histeria mayor atau reaksi disosiasi
Histeria  jenis  ini dapat  terjadi bila kecemasan yang yang alami penderita  demikian  hebat,  sehingga  dapat  memisahkan beberapa  fungsi  kepribadian  satu  dengan  lainnya  sehingga bagian  yang  terpisah  tersebut  berfungsi  secara  otonom, sehingga  timbul gejala-gejala  : amnesia, somnabulisme, fugue, dan kepribadian ganda.

c. Faktor penyebab histeria
Menurut  Sigmund  Freud,  histeria  terjadi  karena  pengalaman traumatis (pengalaman menyakitkan) yang kemudian direpresi atau ditekan  ke  dalam  alam  tidak  sadar.  Maksudnya  adalah  untuk melupakan  atau  menghilangkan  pengalaman  tersebut.  Namun pengalaman traumatis tersebut tidak dapat dihilangkan begitu saja, melainkan ada dalam alam  tidak sadar  (uncociousness) dan suatu saat muncul kedalam sadar tetapi dalam bentuk gannguan jiwa.

d.  Terapi terhadap penderita histeria
Ada  beberapa  teknik  terapi  yang  dapat  dilakukan  untuk menyembuhkan hysteria yaitu :
          Teknik hipnosis (pernah diterapkan oleh dr. Joseph Breuer);
          Teknik asosiasi bebas (dikembangkan oleh Sigmund Freud);
          Psikoterapi suportif.
          Farmakoterapi.

3. Neurosis fobik
a. Gejala-gejala neurosis fobik
Neurosis  fobik  merupakan  gangguang  jiwa  dengan  gejala utamanya  fobia,  yaitu  rasa  takut  yang  hebat  yang  bersifat irasional,  terhadap  suatu  benda  atau  keadaan.  Fobia  dapat menyebabkan  timbulnya  perasaan  seperti  akan  pingsan,  rasa lelah, mual, panik, berkeringat, dst. Ada bermacam-macam  fobia yang  nama  atau  sebutannya menurut  faktor  yang menyebabkan ketakutan tersebut, misalnya :
          Hematophobia  : takut melihat darah
          Hydrophobia  : takut pada air
          Pyrophibia  : takut pada api
          Acrophobia  : takut berada di tempat yang tinggi

b. Faktor penyebab neurosis fobik
Neurosis  fobik  terjadi  karena  penderita  pernah  mengalami ketakutan dan shock hebat berkenaan dengan situasi atau benda tertentu, yang disertai perasaan malu dan bersalah. Pengalaman traumastis  ini  kemudian  direpresi  (ditekan  ke  dalam  ketidak sadarannya). Namun  pengalaman  tersebut  tidak  bisa  hilang  dan akan muncul bila ada rangsangan serupa.

c. Terapi untuk penderita neurosis fobik
Menurut  Maramis,  neurosa  fobik  sulit  untuk  dihilangkan  sama sekali bila gangguan tersebut telah lama diderita atau berdasarkan fobi  pada  masa  kanak-kanak.  Namun  bila  gangguan  tersebut relatif baru dialami proses penyembuhannya  lebih mudah. Teknik terapi yang dapat dilakukan untuk penderita neurosis fobik adalah:
          Psikoterapi  suportif,  upaya  untuk  mengajar  penderita memahami  apa  yang  sebenarnya  dia  alami  beserta psikodinamikanya.
          Terapi  perilaku  dengan  deconditioning,  yaitu  setiap  kali penderita  merasa  takut  dia  diberi  rangsang  yang  tidak menyenagkan.
          Terapi kelompok.
          Manipulasi lingkungan.

4. Neurosis obsesif-kompulsif
a. Gejala-gejala neurosis obsesif-kompulsif
Istilah obsesi menunjuk pada suatu  ide yang mendesak ke dalam pikiran atau menguasai kesadaran dan  istilah kompulsi menunjuk pada dorongan atau  impuls yang  tidak dapat ditahan untuk  tidak dilakukan,  meskipun  sebenarnya  perbuatan  tersebut  tidak  perlu dilakukan.
Contoh obsesif-kompulsif  antara lain ;
          Kleptomania  :  keinginan  yang  kuat  untuk mencuri meskipun dia tidak membutuhkan barang yang ia curi.
          Pyromania  :  keinginan  yang  tidak  bisa  ditekan  untuk membakar sesuatu.
          Wanderlust  :  keinginan  yang  tidak  bisa  ditahan  untuk bepergian.
          Mania  cuci  tangan  :  keinginan  untuk mencuci  tangan  secara terus menerus.

b. Faktor penyebab neurosis obsesif-kompulsif
Neurosis jenis ini dapat terjadi karena faktor-faktor sebagai berikut (Yulia  D., 2000 : 116-117).
          Konflik antara keinginan-keinginan yang ditekan atau dialihkan.
          Trauma mental emosional, yaitu represi pengalaman masa  lalu (masa- kecil).

c. Terapi untuk penderita neurosis obsesif - kompulsif
          psikoterapi suportif;
          penjelasan dan pendidikan;
          terapi perilaku.

5. Neurosis depresif
a. Gejala-gejala neurosis depresif
Neurosis depresif merupakan neurosis dengan gangguang utama pada  perasaan  dengan  ciri-ciri  :  kurang  atau  tidak  bersemangat, rasa harga diri  rendah,   dan cenderung menyalahkan diri sendiri. Gejala-gejala utama gangguan jiwa ini adalah :
gejala jasmaniah : senantiasa lelah.
gejala  psikologis  :  sedih,  putus  asa,  cepat  lupa,  insomnia, anoreksia, ingin mengakhiri hidupnya, dst.

b.Faktor penyebab neurosis depresif
Menurut hasil riset mutakhir sebagaimana dilakukan oleh David D. Burns  (1988  : 6), bahwa depresi  tidak didasarkan pada persepsi akurat  tentang  kenyataan,  tetapi  merupakan  produk “keterpelesetan’ mental, bahwa depresi bukanlah suatu gangguan emosional  sama  sekali,  melainkan  akibat  dari  adanya  distorsi kognitif atau pemikiran yang negatif, yang kemudian menciptakan suasana jiwa, terutama perasaan yang negatif pula. Burns  berpendapat  bahwa  persepsi  individu  terhadap  realitas tidak  selalu  bersifat  objektif.  Individu  memahami  realitas  bukan bagaimana  sebenarnya  realitas  tersebut,   melainkan  bagaimana realitas  tersebut ditafsirkan. Dan penafsiran  ini bisa keliru bahkan bertentangan  dengan  realitas  sebenarnya.    Konsepsi  tersebut kemudian  oleh  Burns  dijelaskan  dengan  visualisasi  sebagai berikut (1988 : 21).


C. Terapi untuk penderita neurosis depresif
Untuk menyembukan  depresi,  Burns  (1988  :  5)  telah  mengembang-kan teknik terapi dengan prinsip yang disebut terapi kognitif, yang dilakukan dengan prinsip sebagai berikut. Bahwa  semua  rasa murung  disebabkan  oleh  kesadaran  atau pemikiran ang bersangkutan. Jika  depresi  sedang  terjadi  maka  berarti  pemikiran  telah dikuasai oleh kekeliruan yang mendalam. Bahwa  pemikiran  negative  menyebabkan  kekacauan emosional.
Terapi  kognitif  dilakukan dengan  cara membetulkan pikiran  yang salah, yang  telah menyebabkan  terjadinya kekacauan emosional. Selain  terapi  kognitif,  bisa  pula  pendrita  depresi  mendapatkan farmakoterapi.

6. Neurasthenia
a. Gejala-gejala neurasthenia
Neurasthenia  disebutjuga  penyakit  payah.  Gejala  utama gangguan  ini  adalah  tidak  bersemangat,  cepat  lelah  meskipun hanya  mengeluarkan  tenaga  yang  sedikit,  emosi  labil,  dan kemampuan berpikir menurun. Di  samping  gejala-gejala  utama  tersebut  juga  terdapat  gejala- gejala  tambahan,  yaitu  insomnia,  kepala  pusing,  sering  merasa dihinggapi bermacam-macam penyakit, dst.

b. Faktor penyebab neurasthenia
Neurasthenia  dapat  terjadi  karena  beberapa  faktor  (Zakiah Daradjat, 1983 : 34), yaitu sebagai berikut. Terlalu  lama  menekan  perasaan,  pertentangan  batin, kecemasan. Terhalanginya keinginan-keinginan. Sering gagal dalam menghadapi persaingan-persaingan
c. Terapi untuk penderita neurasthenia
Upaya  membantu  penyembuahn  penderita  neurasthenia  dapat dilakukan dengan teknik terapi sebagai berikut.
Psikoterapi supportif, Terapi olah raga, Farmakoterapi.

PSIKOSIS

A.  PENGERTIAN PSIKOSIS
Menurut Singgih D. Gunarsa  (1998  : 140), psikosis  ialah gangguan  jiwa yang  meliputi  keseluruhan  kepribadian,  sehingga  penderita  tidak  bisa menyesuaikan diri dalam norma-norma hidup yang wajar dan berlaku umum. W.F.  Maramis  (2005  :  180),  menyatakan  bahwa  psikosis  adalah  suatu gangguan jiwa dengan kehilangan rasa kenyataan (sense of reality). Kelainan seperti ini dapat diketahui berdasarkan  gangguan-gangguan pada perasaan, pikiran, kemauan, motorik, dst. sedemikian berat sehingga perilaku penderita tidak  sesuai  lagi  dengan  kenyataan. Perilaku  penderita psikosis  tidak dapat dimengerti  oleh  orang  normal,  sehingga  orang  awam  menyebut  penderita
sebagai orang gila.
Berbicara mengenai psikosis, Zakiah Daradjat  (1993  : 56), menyatakan
sebagai berikut.
Seorang  yang  diserang  penyakit  jiwa  (psychosis),  kepribadiannya terganggu, dan selanjutnya menyebabkan kurang mampu menyesuaikan diri dengan wajar, dan tidak sanggup memahami problemnya. Seringkali orang  sakit  jiwa  tidak  merasa  bahwa  dirinya  sakit,  sebaliknya  ia menganggap  dirinya  normal  saja,  bahkan  lebih  baik,  lebih  unggul,  dan lebih penting dari orang lain.
Definisi  berikutnya  tentang  psikosis  (Medline  Plus,  200)  rumusannya sebagai berikut:  “Psychosis is a loss of contact with reality, usually including false  ideas about what  is  taking place or who one  is (delusions) and seeing or  hearing  things  that  aren't  there  (hallucinations)”.  Psikosis,  menurut
Medline  Plus  adalah  kelainan  jiwa  yang  ditandai  dengan  hilangnya  kontak
dengan  realitas,  biasanya mencakup  ide-ide  yang  salah  tentang  apa  yang sebenarnya  terjadi,  delusi,  atau  melihat  atau  mendengar  sesuatu  yang
sebenarnya tidak ada (halusinasi).
Dari  empat  pendapat  tersebut  dapat  diperoleh  gambaran  tentang  psikosis yang intinya sebagai berikut.
1. Psikosis merupakan gangguan  jiwa yang berat, atau  tepatnya penyakit jiwa, yang terjadi pada semua aspek kepribadian.
2. Bahwa penderita psikosis tidak dapat lagi berhubungan dengan realitas, penderita hidup dalam dunianya sendiri.
3. Psikosis  tidak  dirasakan  keberadaannya  oleh  penderita.    Penderita tidak menyadari bahwa dirinya sakit.
4. Usaha  menyembuhkan  psikosis  tak  bias  dilakukan  sendiri  oleh penderita tetapi hanya bisa dilakukan oleh pihak lain.
5. Dalam bahasa sehari-hari, psikosis disebut dengan istilah gila.

B.  PERBEDAAN PSIKOSIS DENGAN NEUROSIS
Untuk memperjelas  pemahaman mengenai  psikosis  ada  baiknya mem- bandingkan  kelainan  jiwa  ini  dengan  neurosis  sebagaimana  telah diidentifikasi  oleh  J.C.  Coleman  (W.F.  Maramis,  2005  :  251)  telah menemukan  6  perbedaan  antara  psikosis  dengan  neurosis  atas  dasar  :
1.perilaku    umum,
 2.  gejala-gejala,
  3.  orientasi,
  4.  Pemahaman  (insight),
5.resiko social, dan
 6. Penyembuhan.

C.  JENIS-JENIS PSIKOSIS
Secara  umum,  psikosis  dibedakan  menjadi  dua  jenis  berdasarkan faktor  penyebabnya,  yaitu  psikosis  organik,  yang  disebabkan  oleh  faktor oganik dan   psikosis fungsional, yang terjadi karena faktor kejiwaan.  Kedua jenis psikosis dan yang termasuk di dalamnya diuraikan berikut ini.
1.  Psikosis organik
Psikosis  organik  adalah  penyakit  jiwa  yang  disebabkan  oleh  faktor- faktor  fisik  atau  organik,  yaitu  pada  fungsi  jaringan  otak,  sehingga penderita  mengalamai  inkompeten  secara  sosial,  tidak  mampu bertanggung jawab, dan gagal dalam menyesuaikan diri terhadap realitas. Psikosis organis dibedakan menjadi beberapa  jenis dengan sebutan atau nama  mengacu  pada  faktor  penyabab  terjadinya.  Jenis  psikosis  yang tergolong psikosis organik adalah sebagai berikut.
a. Alcoholic  psychosis,    terjadi  karena  fungsi  jaringan  otak terganggu atau rusak akibat terlalu banyak minum minuman keras.
b. Drug  psychose  atau  psikosis  akibat  obat-obat  terlarang (mariyuana, LSD, kokain, sabu-sabu, dst.).
c. Traumatic psychosis, yaitu psikosis yang  terjadi akibat  luka atau trauma pada kepala karena kena pukul, tertembak, kecelakaan, dst.
d. Dementia  paralytica,  yaitu  psikosis  yang  terjadi  akibat  infeksi syphilis yang kemudian menyebabkan kerusakan sel-sel otak.

2.  Psikosis fungsional
Psikosis  fungsional merupakan penyakit  jiwa  secara  fungsional  yang bersifat  nonorganik,  yang  ditandai  dengan  disintegrasi  kepribadian  dan ketidak mampuan  dalam   melakukan  penyesuaian  sosial.  Psikosis  jenis inidibedakan menjadi  beberapa  .,  yaitu  :  schizophrenia,  psikosis mania- depresif, dan psiukosis paranoid (Kartini Kartono, 1993 : 106).
a. Schizophrenia
Arti  sebenarnya  dari  Schizophrenia  adalah  kepribadian  yang terbelah  (split  of  personality).  Sebutan  ini  diberikan  berdasarkan gejala  yang  paling  menonjol  dari  penyakit  ini,  yaitu  adanya  jiwa yang  terpecah  belah.  Antara  pikiran,  perasaan,  dan  perbuatan terjadi disharmoni.
1) Gejala-gejala schizophrenia  (Singgih Dirgagunarsa, 1998  : 141- 142) Kontak dengan realitas tidak ada lagi, penderita lebih banyak hidup  dalam  dunia  khayal  sendiri,  dan  berbicara  serta bertingkah  laku sesuai dengan khayalannya, sehingga  tidak sesuai dengan kenyataan. Karena  tidak  ada  kontak  dengan  realitas, maka    logikanya tidak  berfungsi  sehingga  isi  pembeicaraan  penderita  sukar untuk  diikuti  karena  meloncat-loncat  (inkoheren)  dan seringkali  muncul  kata-kata  aneh  yang  hanya  dapat dimengerti oleh penderita sendiri. Pikiran,  ucapan,  dan  perbuatannya  tidak  sejalan,  ketiga aspek  kejiwaan  ini  pada  penderita  schizophrenia  dapat berjalan  sendiri-sendiri,  sehingga  ia  dapat  menceritakan kejadian yang menyedihkan sambil tertawa. Sehubungan  dengan  pikiran  yang  sangat  berorientasi  pada khayalannya sendiri, timbul delusi ata waham pada penderita schizophrenia (bisa waham kejaran dan kebesaran).Halusinasi sering dialami pula oleh penderita schizophrenia.

2) Faktor penyebab terjadinya schizophrenia
Pendapat para ahlimengenai  factor penyebab schizophrenia ada  bermacam-macam. Ada  yang menyatakan  bahwa  penyakit ini  merupakan  keturunan.  Ada  pula  yang  menyatakan  bahwa schizophrenia  terjadi  gangguan  endokrin  dan  metabolisme. Sedangkan  pendapat  yang  berkembang  dewasa  ini  adalah bahwa penyakit jiwa ini disebabkan oleh beberapa factor, antara lain keturunan, pola asuh yang salah, maladaptasi, tekanan jiwa, dan  penyakit  lain  yang  belum  diketahui  (W.F. Maramis,  2005  : 216-217).

b.  Psikosis mania-depresif
Psikosis  mania-depresif  merupakan  kekalutan  mental  yang berat,  yang  berbentuk  gangguan  emosi  yang  ekstrim,  yaitu berubah-ubahnya    kegembiraan  yang  berlebihan  (mania) menjadi kesedihan  yang  sangat  mendalam  (depresi)  dan  sebaliknya  dan seterusnya.
1) Gejala-gejala psikosis mania-depresif
a) Gejala-gejala mania antara lain:
  • euphoria (kegembiraan secara berlebihan)
  • waham kebesaran;
  • hiperaktivitas;
  • pikiran melayang.
b) Gejala-gejala depresif antara lain :
  • kecemasan
  • pesimis
  • hipoaktivitas
  • insomnia
  • anorexia

2) Faktor penyebab psikosis mania-depresif
Psikosis  mania-depresif  disebabkan  oleh  faktor  yang berhubungan dengandua gejala utama penyakit  ini, yaitu mania dan  depresi.  Aspek  mania  terjadi  akibat  dari  usaha  untuk melupakan  kesedihan  dan  kekecewaan  hidup  dalam  bentuk aktivitas-aktivitas  yang  sangat  berlebihan.  Sedangkan  aspek depresinya  terjadi  karena  adanya  penyesalan  yang  berlebihan.
c. Psikosis paranoid
Psikosis  paranoid merupakan  penyakit  jiwa  yang  serius  yang ditandai dengan banyak delusi atau waham yang disistematisasikan dan  ide-ide  yang  salah  yang  bersifat  menetap.  Istilah  paranoid dipergunakan pertama kali oleh Kahlbaum pada  tahun 1863, untuk menunjukkan  suatu  kecurigaan  dan  kebesaran  yang  berlebihan (W.,F. Maramis, 2005 : 241).
1)  Gejala-gejala psikosis paranoid
Sistem waham yang kaku, kukuh dan sistematis,  terutama waham kejaran dan kebesaran baik sendiri-sendiri maupun bercampur aduk Pikirannya  dikuasai  ole  ide-ide  yang  salah,    kaku,  dan paksaan.
2)  Faktor penyebab psikosis paranoid
Faktor-faktor  yangdapat  menyebabkan  psikosis  paranoid (Kartini Kartono, 1999 : 176), antara lain :
  • Kebiasaan berpikir yang salah;
  • Terlalu sensitif dan seringkali dihinggapi rasa curiga;
  • Adanya  rasa  percaya  diri  yang  berlebihan  (over confidence);
  • Adanya  kompensasi  terhadap  kegagalan  dan  kompleks inferioritas.
PSIKOPAT

A.  PENGERTIAN PSIKOPAT
Singgih  Dirgagunarsa  (1998  :  145)  menyatakan  bahwa  psikopat merupakan  hambatan  kejiwaan  yang  menyebabkan  penderita  mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri terhadap norma-norma sosial yang ada di lingkungannya.  Penderita  psikopat  memperlihatkan  sikap  egosentris  yang besar, seolah-olah patokan untuk semua perbuatan dirinya sendiri saja.
Menurut Kartini Kartono  (1999  :  95),  psikopat  adalah  bentul  kekalutan mental  (mental  disorder)  yang  ditandai  dengan  tidak  adanya pengorganisasian  dan  pengintegrasian  pribadi  sehingga  penderita  tidak pernah  bisa  bertanggung  jawab  secara  moral  dan  selalu  konflik  dengan norma-norma sosial dan hukum. Selanjutnya Kartini Kartono menyebutkan gejala-gejala psikopat antara lain sebagai berikut.
1. Tingkah  laku  dan  realasi  social  penederita  selalu  asosial,  eksentrik dan  kronis  patologis,  tidak memiliki  kesadaran  social  dan  inteligensi sosial.
2. Sikap penderita psikopat selalu tidak menyenangkan orang lain.
3. Penderita  psikopat  cenderung  bersikap  aneh,  sering  berbuat  kasar bahkan ganas terhadap siapapun.
4. penderita  psikopat  memiliki  kepribadian  yang  labil  dan  emosi  yang tidak matang.
B.  FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PSIKOPAT
Seseorang  dapat  menderita  psikopat  karena  kurang  atau  tidak  adanya kasih  sayang  yang  diterima  dari  lingkungannya,  terutama  keluarga. Selama lima  tahun pertama dalam hidupnya dia  tidak pernah merasakan kelebutan, kemesraan,  dan  kasih  sayang,  sehingga  individu  yang  bersangkutan  gagal dalam  mengembangkan  kemampuan  untuk  menerima  dan  memberikan perhatian dan kasih saying pada orang lain (Kartini Kartono, 1990 : 75).
Bahwa  terjadinya  psikopat  tidak  terlepas  bahkan  ditentukan  oleh lingkungan  keluarga  tidak dapat dipungkiri. Dalam Hal  ini Elizabeth Hurlock
(1997  :  257)  mengutip  pendapat  penulis  yang  tidak  bernama  antara  lain
sebagai berikut.
Bila seorang anak hidup dalam kecaman, dia belajar mengutuk.
Bila dia hidup dalam permusuhan, dia belajarberkelahi.
Bila dia hidup dalam toleransi, dia belajar bersabar.
Bila dia hidup dalam kebijaksanaan, dia belajar mengharga keadilan.
Bila dia hidup akan  suasana aman, dia belajar percaya akan dirinya dan orang lain.










RETARDASI MENTAL

A. PENGERTIAN RETARDASI MENTAL
Retardasi mental adalah kelainan atau kelemahan jiwa dengan inteligensi
yang  kurang  (subnormal)  sejak  masa  perkembangan  (sejak  lahir  atau  sejak masa  anak).  Biasanya  terdapat  perkembangan  mental  yang  kurang  secara keseluruhan,  tetapi  gejala  yang  utama  ialah  inteligensi  yang  terbelakang. Retardasi mental  disebut  juga  oligofrenia  (oligo:  kurang  atau  sedikit  dan fren: jiwa) atau tuna mental (W.F. Maramis, 2005: 386).
Retardasi mental merupakan  kelemahan  yang  terjadi  pada  fungsi  intelek. Kemampuan  jiwa  retardasi  mental  gagal  berkembang  secara  wajar.  Mental, inteligensi,  perasaan,  dan  kemauannya  berada  pada  tingkat  rendah,  sehingga yang bersangkutan mengalami hambatan dalam penyesuaian diri.

B. FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RETARDASI MENTAL
Menurut  Pedoman  Penggolongan  Diagnosis  Gangguan  Jiwa  Ke-1  (W.F. Maramis, 2005: 386-388) factor-faktor penyebab retardasi mental adalah sebagai berikut.
a.  Infeksi dan atau intoksinasi
Infeksi yang terjadi pada masa prenatal dapat berakibat buruk pada perkembangan  janin, yaitu rusaknya  jaringan otak. Begitu  juga dengan terjadinya  intoksinasi,  jaringan  otak  juga  dapat  rusak  yang  pada akhirnya menimbulkan retardasi mental. Infeksi dapat  terjadi karena masuknya  rubella, sifilis,  toksoplasma, dll. ke  dalam tubuah ibu yang sedang mengandung. Begitu pula halnya dengan  intoksinasi,  karena  masuknya  “racun”  atau  obat  yang semestinya dibutuhkan.

b.  Terjadinya rudapaksa dan / atau sebab fisik lain
Rudapaksa  sebelum  lahir  serta  trauma  lainnya,  seperti  hiper radiasi,  alat  kontrasepsi,  dan  usaha  melakukan  abortus  dapat mengakibatkan kelainan berupa retardasi mental. Pada  waktu  proses  kelahiran  (perinatal)  kepala  bayi  dapat mengalami  tekanan  sehingga  timbul  pendarahan  di  dalam  otak Mungkin  juga  karena  terjadi  kekurangan  oksigen  yang  kemudian menyebabkan  terjadinya  degenerasi  sel-sel  korteks  otak  yang  kelak mengakibatkan retardasi mental.

c.  Gangguan metabolisme, pertumbuhan atau gizi
Semua retardasi mental yang langsung disebabkan oleh gangguan metabolisme  (misalnya gangguan metabolism karbohidrat dan protein), gangguan pertumbuhan, dan gizi buruk  termasuk dalam kelompok  ini. Gangguan gizi yang berat dan berlangsung lama sebelum anak berusia 4  tahun  sangat  mempengaruhi  perkembangan  otak  dan  dapat mengakibatkan  retardasi mental. Keadaan  seperti  itu  dapat  diperbaiki dengan  memberikan  gizi  yang  mencukupi  sebelum  anak  berusia  6 tahun,  sesudah  itu  biarpun  anak  tersebut  dibanjiri  dengan  makanan yang  bergizi,  inteligensi  yang  rendah  tersebut  sangat  sukar  untuk ditingkatkan.

d.  Penyakit otak yang nyata
Dalam  kelompok  ini  termasuk  retardasi  mental  akibat  beberapa reaksi sel-sel otak yang nyata, yang dapat bersifat degeneratif, radang, dst. Penyakit otak yang terjadi sejak lahir atau bayi dapat menyebabkan penderita mengalamai keterbelakangan mental.

e.  Penyakit atau pengaruh prenatal
Keadaan  ini  dapat  diketahui  sudah  ada  sejak  dalam  kandungan, tetapi  tidak diketahui etiologinya,  termasuk anomaly cranial primer dan defek congenital yang tak diketahui sebabnya.

f.     Kelainan kromosom
Kelainan  kromosom  mungkin  terjadi  pada  aspek  jumlah  maupun bentuknya.  Kelainan  pada  jumlah  kromosom menyebabkan  sindroma
down yang dulu sering disebut mongoloid. .

g.  Prematuritas
Retardasi mental yang  termasuk  ini  termasuk  retrdasi mental yang berhubungan  dengan  keadaan  bayi  yang  pada  waktu  lahir  berat badannya  kurang  dari  2500  gram  dan/atau  dengan  masa  kehamilan kurang dari 38 minggu.

h.  Akibat gangguan jiwa yang berat
Retardasi mental  juga dapat  terjadi karena adanya gangguan  jiwa yang berat pada masa kanak-kanak.


i.    Deprivasi psikososial
Devripasi artinya tidak terpenuhinya kebutuhan. Tidak terpenuhinya kebutuhan  psikososial  awal-awal  perkembangan  ternyata  juga  dapat menyebabkan terjadinya retardasi mental pada anak.

C. TINGKATAN RETARDASI MENTAL
Untuk menentukan  berat-ringannya  retardasi mental,  kriteria  yang dipakai adalah:  1.  Intelligence  Quotient  (IQ),  2.  Kemampuan  anak  untuk  dididik  dan dilatih, dan 3. Kemampuan sosial dan bekerja (vokasional). Berdasarkan kriteria tersebut  kemudian dapat diklasifikasikan berat-ringannya  retardasi mental  yang menurut GPPDGJ - 1 (W.F. Maramis, 2005: 390-392) adalah sebagai berikut.
1. Retardasi Mental Taraf Perbatasan
Karakteristik retardasi mental taraf perbatasan adalah :
a.  Intelligence Quotient  : 68 - 85 (keadaan bodoh/bebal)
b. Patokan social  : Tidak dapat bersaing dalam mencari nafkah
c. Patokan pendidikan  : Beberapa kali tak naik kelas di SD

2. Retardasi Mental Ringan
Karakteristik retardasi mental ringan adalah:
a.  Intelligence Quotient  : 52 – 67 (debil/moron/keadaan tolol)
b. Patokan sosial  : Dapat  mencari  nafnah  sendiri  dengan mengerjakan  sesuatu  yang  sederhana  dan mekanistis.
c. Patokan pendidikan  : Dapat  dididik  dan  dilatih  tetapi  pada  sekolah khusus (SLB)

3. Retardasi Mental Sedang
Karakteristik retardasi mental sedang adalah:
a.  Intelligence Quotient  : 36 – 51 (taraf embisil/keadaan dungu)
b. Patokan sosial  : Tidak  dapat  mencari  nafkah  sendiri.  Dapat melakukan perbuatan untuk keperluan dirinya (mandi, berpakaian, makan, dst.).
c. Patokan pendidikan  : Tidak dapat dididih, hanya dapat dilatih.

4. Retardasi Mental Berat
Karakteristik retardasi mental berat adalah:
a.  Intelligence Quotient  : 20 – 35
b. Patokan sosial  : Tidak  dapat  mencari  nafkah  sendiri.  Kurang mampu melakukan perbuatan untuk keperluan dirinya. Dapat mengenal bahaya.
c. Patokan pendidikan  : Tidak dapat dididik, dapat dilatih untuk hal-hal yang sangat sederhana.

5. Retardasi Mental Sangat Berat
Karakteristik retardasi mental sangat berat adalah:
a.  Intelligence Quotient  : Kurang dari 20 (idiot/keadaan pander)
b. Patokan social  : Tidak  dapat  mengurus  diri  sendiri  dan  tidak dapat  mengenal  bahaya.  Selama  hidup tergantung dari pihak lain.
c. Patokan pendidikan  : Tidak dapat dididik dan dilatih.

D. PENCEGAHAN RETARDASI MENTAL
Terjadinya  retardasi mental  dapat  dicegah.  Pencegahan  retardasi mental dapat dibedakan menjadi dua: pencegahan primer dan pencegahan sekunder.
1. Pencegahan Primer
Usaha  pencegahan  primer  terhadap  terjadinya  retardasi  mental dapat dilakukan dengan:
a. Pendidikan kesehatan pada masyarakat.
b. Perbaikan keadaan social-ekonomi.
c. Konseling genetik.
d. Tindakan kedokteran, antara lain:
1) Perawatan prenatal dengan baik;
2) Pertolongan persalinan  yang baik;
3) Pencegahan kehamilan usia sangat muda (usia ibu kurang dari 20 tahun) dan terlalu tua (usia ibu lebih dari 46 tahun).

2. Pencegahan Sekunder
Pencegahan  sekunder  terhadap  terjadinya  retardasi  mental  dapat dilakukan dengan diagnosis dan pengobatan dini peradangan otak dan gangguan lainnya.


E. PENANGANAN RETARDASI MENTAL
Penanganan terhadap penderita retardasi mental bukan hanya tertuju pada penderita  saja,  melainkan  juga  pada  orang  tuanya.  Mengapa  demikian? Siapapun  orangnya  pasti  memiliki  beban  psiko-sosial  yang  tidak  ringan  jika anaknya menderita retardasi mental, apalagi jika masuk kategori yang berat dan sangat  berat. Oleh  karena  itu  agar  orang  tua  dapat  berperan  secara  baik  dan benar maka mereka perlu memiliki kesiapan psikologis dan  teknis. Untuk  itulah
maka mereka perlu mendapatkan layanan konseling. Konseling dilakukan secara fleksibel  dan  pragmatis  dengan  tujuan  agar  orang  tua  penderita  mampu mengatasi bebab psiko-sosial pada dirinya terlebih dahulu. Untuk  mendiagnosis  retardasi  mental  dengan  tepat,  perlu  diambil anamnesis  dari  orang  tua  dengan  teliti mengenai:  kehamilan,  persalinan,  dan pertumbuhan serta perkembangan anak. Dan bila perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium.
1. Pentingnya Pendidikan dan Latihan untuk Penderita Retardasi Mental
a.  Latihan untuk mempergunakan dan mengembangkan kapasitas yang dimiliki dengan sebaik-baiknya.
b.  Pendidikan dan latihan diperlukan untuk memperbaiki sifat-sifat yang salah.
c.  Dengan  latihan  maka  diharapkan  dapat  membuat  keterampilan berkembang,  sehingga  ketergantungan  pada  pihak  lain  menjadi berkurang atau bahkan hilang.
Melatih penderita  retardasi mental pasti  lebih sulit dari pada melatih anak  normal  antara  lain  karena  perhatian  penderita  retardasi  mental mudah  terinterupsi.  Untuk  mengikat  perhatian  mereka  tindakan  yang dapat dilakukan adalah dengan merangsang indera.


2. Jenis-jenis Latihan untuk Penderita Retardasi Mental
Ada  beberapa  jenis  latihan  yang  dapat  diberikan  kepada  penderita
retardasi mental, yaitu:
a.  Latihan  di  rumah:  belajar makan  sendiri,   membersihkan  badan dan berpakaian sendiri, dst.
b.  Latihan di sekolah: belajar keterampilan untuk sikap social.
c.  Latihan  teknis:  latihan  diberikan  sesuai  dengan minat  dan  jenis kelamin penderita.
d.  Latihan moral: latihan berupa pengenalan dan tindakan mengenai hal-hal yang baik dan buruk secara moral.

STRES
A. KONSEPSI-KONSEPSI MENGENAI STRES
Dewasa  ini  istilah  stress  merupakan  istilah  sehari-hari,  yang  bukan  saja diucapkan oleh para psikolog, psikiater, ataupun kalangan akademisi, tetapi juga diucapkan  oleh  anak-anak  maupun  orang  dewasa  dengan  berbagai  latar belakang  tingkat  pendidikan.  Tetapi mereka  yang mengucapkan  kata  tersebut
belum  tentu mengerti apa sebenarnya stres    itu. Bagi kebanyakan orang,   stres dianggap sama dengan psikosis.
Apakah sebenarnya stres  itu ?   Samakah stres dengan psikosis ?   Faktor- faktor  apakah  yang  dapat menyebabkan  stres  ?  Untuk  menjawab  pertanyaan tersebut,  berikut  dikemukakan  konsep-konsep  mengenai  stress.  Secara  garis besar  ada  tiga  pandangan  mengenai  stres,  yaitu  :  stres  merupakan  stimulus,
stres merupakan  respon, dan stres merupakan  interaksi antara  individu dengan
lingkungan  (Bart  Smet,  1994  :  108-111).  Dan  penulis  menambahkan  satu
pandangan lagi, yaitu stress sebagai hubungan antara individu dengan stressor.

1. Stres Sebagai Stimulus
Menurut  konsepsi  ini  stres  merupakan  stimulus  yang  ada  dalam lingkungan  (environment).  Individu  mengalami  stres  bila  dirinya  menjadi bagian dari  lingkungan  tersebut. Dalam  konsep  ini  stres merupakan  variable bebas sedangkan individu merupakan variabel terikat. Secara visual konsepsi ini dapat digambarkan sebagai berikut :
Stress  sebagai  stimulus  dapat  dicontohkan  :  lingkungan  sekitar  yang
penuh  persaingan,  misalnya  di  terminal  dan  stasiun  kereta  api  menjelang lebaran. Mereka yang ada di  lingkungan  tersebut, baik  itu calon penumpang, awak  bus  atau  kereta  api,  para  petugas,  dst.,  sulit  untuk  menghindar  dari
situasi yang menegangkan (stressor) tersebut.  Hal serupa juga dapat diamati pada  lingkungan  di  mana  terjadi  bencana  alam  atau  musibah  lainnya, misalnya banjir, gunung meletus, ledakan bom di tengah keramaian, dst.

2. Stres  Sebagai Respon
Konsepsi  kedua  mengenai  stres  menyatakan  bahwa  stress  merupakan respon  atau  reaksi  individu  terhadap  stressor.  Dalam  konteks  ini  stress merupakan  variable  tergantung  (dependen  variable)  sedangkan  stressor merupakan variable bebas atau independent variable. Berdasarkan pandangan dari Sutherland dan Cooper, Bart Smet  (1994  : 110) menyajikan konsepsi stres sebagai respon sebagai berikut.



Pengertian  stres  yang mengacu  pada  konsepsi  stres merupakan  respon diantaranya  dikemukakan  oleh E.P. Gintings. Menurut Gintings  (1999  :  5-6), stres  ialah  reaksi  tubuh manusia  kepada  setiap  tuntutan  yang  dialami  oleh seseorang dalam hal sebagai berikut. Keletihan dan kelelahan akibat kehidupan. Suatu  keadaan  yang  dinyatakan  oleh  suatu  sindroma  khusus  dari peristiwa biologis.
Mobilisasi  pembelaan  tubuh  yang  memungkinkan  adaptasi  terhadap peristiwa kekerasan atau ancaman. Terganggunya mekanisme keseimbangan dalam diri seseorang yaitu keseimbangan dalam dan keseimbangan luar yang bersifat fisik, sosial, mental,  dan  spiritual  oleh  karena  perubahan mendadak  yang  sifatnya tidak menyenangkan maupun menyenangkan.  Mengecilnya  potensi  seseorang  karena  adanya  luka-luka  perasaan, beban berat, dan kebutuhan-kebutuhan yang tidak terpenuhi dalam diri seseorang.  Respon  individu  terhadap  stressor  memiliki  dua  konponen,  yaitu  :
komponen  psikologis,   misalnya  terkejut,  cemas, malu,  panik,  nerveus,  dst. dan  komponen  fisiologis,  misalnya  denyut  nadi  menjadi  lebih  cepat,  perut mual, mulut kering, banyak keluar keringat dst.  respon-repons psikologis dan fisiologis terhadap stressor disebut strain atau ketegangan.

3. Stres Sebagai Interaksi antara Individu dengan Lingkungan
Menurut  pandangan  ketiga,  stress  sebagai  suatu  proses  yang  meliputi stressor dan strain dengan menambahkan dimensi hubungan antara  individu dengan  lingkungan.    Interaksi  antara  manusia  dan  lingkungan  yang  saling
mempengaruhi  disebut  sebagai  hubungan  transaksional.  Di  dalam  proses hubungan ini termasuk juga proses penyesuaian. (Bart Smet, 1994 : 111).
Dalam konteks stres sebagai interaksi antara individu dengan lingkungan, stres  tidak  dipandang  sebagai  stimulus maupun  sebagai  respon  saja,  tetapi juga suatu proses di mana  individu  juga merupakan pengantara (agent) yang aktif, yang dapat mempengaruhi stressor melalui strategi perilaku kognitif dan emosional.
Konsepsi  di  atas  dapat  diperjelas  berdasarkan  kenyataan  yang  ada. Misalnya  saja  stressor  yang  sama  ditanggapi  berbeda-beda  oleh  beberapa individu.  Individu  yang  satu  mungkin  mengalami  stres  berat,  yang  lainnya mengalami  stres  ringan,  dan  yang  lain  lagi mungkin  tidak mengalami  stres.
Bisa juga terjadi individu memberikan reaksi yang berbeda pada stressor yang sama. Faktor apa saja yang menyebabkan gejala demikian ? Menurut  Bart  Smet  (1994  :  130-131),  reaksi  terhadap  stres  bervariasi
antara orang satudengan yang lain dan dari waktu ke waktu pada orang yang sama, karena pengaruh variabel-varibel sebagai berikut.
a.  Kondisi  individu,  seperti  :  umur,  tahap  perkembangan,    jenis  kelamin, temperamen, inteligensi, tingkat pendidikan, kondisi fisik, dst.
b. Karakteristik  kepribadian,  seperti  :  introvert  atau  ekstrovert,  stabilitas emosi secara umum, ketabahan, locus of control, dst.
c.  Variabel  sosial-kognitif,  seperti  ;  dukungan  sosial  yang  dirasakan, jaringan sosial, dst.
d. Hubungan  dengan  lingkungan  sosial,  dukungan  sosial  yang  diterima, integrasi dalam jaringan sosial, dst.
e. Strategi coping.
Konsep  stres  sebagai  interaksi  antara  individu  dengan  lingkungan  dapat digambarkan  sebagai  berikut.  Bagan  13    menggambarkan  reaksi  individu terhadap  stressor  yang  sama,    ternyata  bisa  berbeda,  dan  bagan    14 menggambarkan  reaksi  beberapa  individu  terhadap  stressor  yang  sama  , ternyata juga bisa berbeda-beda.
4. Stres Sebagai Hubungan antara Individu dengan Stressor
Stres  bukan  hanya  dapat  terjadi  karena  faktor-faktor    yang  ada  di lingkungan. Bahwa stressor juga bisa berupa faktor-faktor yang ada dalam diri individu, misalnya penyakit jasmani yang dideritanya, konflik internal, dst. Oleh sebab  itu  lebih  tepat bila  stres  dipandang  sebagai hubungan  antara  individu
dengan stressor, baik stressor internal maupun eksternal. Konsep  tersebut  sesuai  dengan  apa  yang  dikatakan  oleh W.F. Maramis
(1980  :  65-69),    mengenai  sumber  stress.  Menurut  Maramis,  stress  dapat terjadi karena  frustrasi, konflik, tekanan, dan krisis.
a.  Frustrasi merupakan  terganngunya keseimbangan psikis karena  tujuan gagal dicapai.
b. konflik  adalah  terganggunya  keseimbangan  karena  individu  bingung menghadapi beberapa kebutuhan atau  tujuan yang harus dipilih salah satu.
c.  Tekanan  merupakan  sesuatu  yang  mendesak  untuk  dilakukan  oleh individu. Tekanan bisa datang dari diri sendiri, misalnya keinginan yang sangat  kuat  untuk  meraih  sesuatu.  Tekanan  juga  bisa  datang  dari lingkungan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar